Bintan – Singapore Trip Hemat From Kalbar

Hello gaes, gue mau sharing dikit nih karna kemarin banyak yang nanyain berapaan budget kalo gue ngetrip? MURAH KOK!

OKAY. Singkat cerita trip gue kali ini dadakan. Gue emang kalo ngetrip selalu dadakan sih 😛 lebih greget ajaaah yakan biar berasa banget hidup gue penuh surprise :p

Jadi ceritanya besok mau berangkat, hari ini baru beli tiket. DANNNNN ALHAMDULILLAH rejeki anak soleh dapet tiket 800 PP PNK- BTH naik citylink.

Estimasi biaya SINGKAWANG – SPORE

Berhubung rumah gue di Singkawang, dan Bandara di Kabupaten Kubu Raya, jadi mesti ke naik travel atau damri buat bisa sampe kesana. Kalo kalian mau naik travel biaya sekitar Rp. 180.000,- dan kalo pake damri Cuma  Rp 90.000,- (tapi damri disini jarang banget, untung-untungan pas jalan bus nya kemarin)

Karna gue kerja ampe sore, gue ambil damri subuh yang jam 02.00, ya walaupun nyampe bandaranya keawalan jam 05.30; karna tiket gue jam 08.50

 

Day 1

TARRAAAA! Buat keempat kalinya gue ke batam. Arrived BTH jam 10.00 gitu lah. Trus jalan-jalan seputar batam, jam 15.00 gue ke pelabuhan buat nyebrang ke Tanjung Pinang, biaya kira-kira Rp. 52.000 (gue dibayarin temen jadi gratis tis tis)

Jam 16.00 sampe di Tanjung Pinang dijemput temen gue, terus makan di tepi laut (apanamanya gue lupa) tapi kata temen gue ini biasa emang kalo bawa tamu disini sih. Abis makan jalan-jalan aja keliling tanjung pinang, trus ke foodcourt nya tanjung pinang yang banya banget makanan chinese trus ke cafe ala-ala korea dan sampe akhirnya udah malem jam 23.00 kita balik dan gue nginepnya dirumah temen di tanjung pinang.

 

Day 2

Setelah puas istirahat jam 09.00 gue siap-siap buat ke bintan karna disana ada lagoi. Yay! Oiya sebelumnya gue dibeliin sarapan ama temen gue; Nasi Ayam. Ternyata disini nasi ayamnya halal pake nasi lemak gitu, ada ayamnya juga (and its not pork), dan pake kuah gitu. Karna didaerah gue yang namanya nasi ayam itu pake cu nyuk. Bukan pake ayam.

Tanjung pinang – bintan sekitar 1 jam. Dari rumah temen gue yang dibintan ke lagoi bay sekitar 45 menitan deh, dan bagi teman teman yg emang niatnya piknik mending beli makanan sm minumnya jangan disana, karna agak high price. Oiya gue tuker uang di Tj. Pinang dulu sebelum kebintan, kemarin pas kenanya 1$ = Rp. 9.330.

Abis jalan-jalan di lagoi bay setelah dzuhur kami langsung ke Treasur Bay. Harga tiket masuk wajibnya Rp 100.000,- udah include HTM Rp 40.000,-  dan deposit buat main wahana senilai Rp 60.000,-. Walaupun kita ga main wahana, deposit nya gak bisa dibalikin ntr kalo udah pulang. Jadi ya mending dipake kan. Ntar kita dikasih gelang karet warna orange dan harus memberikan jaminan Rp 50.000,-, dipake buat isi ulang/ nambah deposit kalo mau main aneka wahana yang lain. Ntar kalo pulang jangan lupa dikembaliin ya! Biar uang jaminannya tadi bisa balik hehe Oh iya Treasure Bay ini termasuk Kolam Renang Terbesar di Asia Tenggara loh, fyi. Jadi tuh kolam renangnya di setting kayak pantai. Pinggirannya bahan fiber dan pinggirannya landai jadi sekilas kayak pasir pantai.

Singkat cerita udah puas keliling-keliling dan main wahana sekitar pukul 16.45 kami melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Lagoi, karna rencananya gue mesti lanjutin perjalanan lagi buat nyebrang ke spore buat malem mingguan disana. Sampe pelabuhan lagoi sekitar pukul 16.55 gue langsung cek tiket buat nyebrang ke spore. Ternyata kapal nya udah Last Call mau berangkat, karna gue belum punya tiket jadi gue ga bisa kejar kapal yang jam 17.00, Kapal selanjutnya adanya jam 20.00 pas gue mau bayar ternyata harga tiketnya Rp. 450.000,- COYYYYY!!!! Buat sekali jalan aja tuh! GILS! Murahan tiket pesawat gue! FIXXX! LANGSUNG BALIK KANAN :’)

ZONKKKKK! Salah gue iya gue salah gak merincikan segalanya dengan baik. Itinerary pun gak gue buat. Kalo tau mahal banget lewat pelabuhan Lagoi kan mestinya gue gak berlama-lama di treasure bay L bisa balik ke tanjung pinang, nyebrang ke batam dan ambil kapal malam buat ke spore nya. Hih  kesel weh kesel!

Mau ngejar kapal balik kebatam, udah gak sempat. Perjalanan Bintan – Tanjung Pinang aja mau 1 jam an. Sedangkan kapal terakhir dari tanjung pinang ke batam sekitar 17.30

FIX! MALAM MINGGU KELABUUUUUUUU~

Akhirnya gue dengan berat hati dan rasa dongkol balik ke tanjung pinang, ambil penginapan paling deket dengan pelabuhan biar paginya bisa ambil kapal pertama buat balik kebatam. Mayan sih Rp 300.000,- / malam. Untung gue bareng temen, jadi ptpt.

 

Day 3

Pagi telah tiba. Kalo ngantor, udah tidur 12 jam masih tetep ngantuk tapi kalo lagi holide mah biar tidur cuma 2 jam aja masih Strong gueeeee. Demi nyari penginapan murah buat di spore via agoda.com

Pagi-pagi gue ke pelabuhan ambil kapal paling pagi 07.30 tapi berangkat jam 08.00 -.-

Tiket nya Rp 52.000,-

Nyampe Batam gue dijemput temen di pelabuhan langsung diajakin sarapan, jam 10.00 ke Batam Center, beli tiket kapal PP BTH – SPORE dapetnya yang jam 11.30 di harga Rp 350.000,- (termasuk mahal sih, biasa Rp 320.00,-) karna ini longggggggggggg weekend yaudah gue maklumin ajah.

Udah sampe ruang tunggu baru ngeh disananya gimana biar bisa apdet. Nanya temen yg sebelumnya uda pernah berangkat katanya pake im3, disuru beli dipelabuhan. Dannnnn akhirnya gue minta ijin keluar bentar sama petugas imigrasinya, walopun awalnya ga dibolein, gue alesan aja mau ambil HP ketinggalan di temen, akhirnya diijinin. Gue beli kartu im3 harganya Rp 30.000,- jadi ini kartu diaktipin dulu di indonesia, sampe spore baru beli paketnya. Tapi ternyata udah sampe spore gue ga perlu beli paket, udah include bisa internetan seharian tanpa batas jadi bisa apdet deh.

Udah sampe spore, gue heran kenapa begitu keluar dari kapal semua org pada lomba lari coba .-. jd gue inisiatif buat lari juga; ternyataaaaaaaaaaaaaa itu biar ga ngantri paling belakang pas cap paspor. Walopun gue udah berusaha buat lari, ya tetep ajaaaah depan gue antrian udah kek uler. Dan iya donggggggg astaga ternyata diluar aja antrinya panjang banget, didalam lebih panjangggggggggggggggggggggggggggggggg lagi. So sad. Gue ngantri ampe sekitar 2 jam. Okesip. Pegel dah ini kaki asli.

Finally paspor gue di cap. Cie spore cie. Udah sore bet cie.

Oiya, kalo yang kemarin pada nanya; disana gimana yu? Ga pake ikut tour? Gak sesat tu?

Mbak, mas, prinsip saya inshaallah selagi negara yang masih bisa saya pahami bahasanya saya gak bakal pake tour. Dengan modal bismillah dan ke-sok tau-an gue padahal gak ada persiapan, sampailah juga saya disini. Dan kaliannnnn tak kan sesat disini; SINGAPORE KECIL KOK. MASI GEDE INDONESIA.

Keluar dari harbourfront gue langsung cari counter Majestic buat konfirmasi tiket kepulangan gue. Jadi besok bisa selow-selow. Terus gue beli MRT Card. Tadinya mau beli Card for tourist, tapi pas mau beli gak buka, lagi istirahat maybe, gue males nunggu akhirnya gue beli MRT Card yang 5 years dengan harga $12; berisi uang $7 dan $5 itu biaya card. Mana tau bakal balik lagi ya kan. Udah beli card nya yakan terus niatnya mau ke penginapan make MRT tapi menurut gue itu ribet beda warna beda jalur yang buat gue semakin tidak mengerti karna gue anak baru. Oiya, harbourfront ini letaknya didalam Vivo City Mall gitu. Akhirnya gue mutusin buat download Grab. Jadinya pake grab deh dengan tarif $7 gitu gak salah lupa gue. DANNNNN Tarraaaaaa supir grab nya juga gatau penginapan gue dimana, doi pake GPS juga, dan masih sesat. apa banget coba -___-

Finally sampe di penginapannnnn yang bikin gue begadang nyarinya; ADAMSON LODGE. Jadi ini penginapannya kayak hostel sih menurut gue, tapi gue ambil yang 1 room 16 bed, mix dormitory. Campur cowok cewek. Jadi kayak barrack gitu. Karna menurut gue, gue Cuma numpang nyimpen barang dan numpang tidur pas malem doang, ini murah. Cuma sekitar Rp 150.000,- an aja. Rapih bersih dan nyaman. 1 room ada 2 WC, dan bersih kok. Daerah nya strategis juga bersebraangan dengan MRT Rochor. Pokoknya rekomendasi banget buat para backpacker.

Udah masuk kamar gue ketemu satu temen baru yang asal medan, ternyata doi sendirian dan udah 2x ke spore jadi sedikit banyak tau, gak kayak gue sok tau L

Singkat cerita gue siap-siap buat jalan, dan ketemu temen gue Zack yang asli spore. Gue diajakin jalan kaki “biar tau singapore” katanya. Yang pasti tempat pertama gue tuju adalah Haji Lane, karna paling deket dan ini tempat cukup fenomenal hehe 😛

Abis dari Haji Lane kita jalan-jalan keliling terus makan di Singapore Zam Zam Restaurant berada di sudut jalan antara North Bridge Road dengan Arab Street (Kampong Glam), terletak persis di seberang Masjid Sultan, tak jauh dari stasiun MRT Bugis. Ya, namanya juga org indonesia; belum nemu nasi belum makan rasanya. Gue pesen Beef Martabak seharga $6, dan ini porsinya gila! Banyak banget coy! Trus temen gue mesen Chicken Briyani jadi menurut gue taste nya enak banget banyak rempah nya. Dan makanya pake kuah kari. Tapi nasi disini teksturnya beda, agak lebih panjang dan gurih. Satu porsinya $6.5 banyak banget bisa buat 3 orang sepiring -,- dan disini juga minuman enaknya menurut gue teh tarik, harganya sekitar $1.5 berhubung punya temen; GUE MAKAN GRATIS TIS TIS HEHE

harga

Abis makan kita ke Paragon Mall deh gak salah gue Cuma buat Cumi-Cumi lucu nan imut gurih dan nikmat 😛 how price? Mayan mahal coy sekitar $7 :’) dan lagi-lagi gue dibayarin. Jadi AMAN :p

Abis dari jajan sotong, temen gue si Zack mesti berangkat kerja, karna doi kena shift malem di Bandara. Dan gantian yang nemenin gue adalah si Paul, doi CEO atau apa gitu lupa gue di salah satu Hotel ternama di Spore. Doi kerja pagi, jadi malem bisa nemenin gue jalan-jalan.

Kita janjian buat ketemuan di Marlion Park. Padahal ya, doi nawarin buat jemput gue tapi gue tolak. Eh taunya jauh banget jalan kaki nya dari MRT ke Marlion Park ini, Nyesel L

Gapapah sekalian jalan-jalan biar tau :’)

Abis foto-foto sama icon nya Singapura, Paul bawa gue jalan-jalan keliling Singapura ke Helix Bridge, terus kemana gitu gue lupa nama daerahnya jadi kalo pagi jalan umum, kalo malem dibikin kayak foodcourt. Banyak bangeeeeeeeeet jajanannyaaaa. Ada jual sate jugaaaaaaa! But, paul say: “sate disini gak seenak sate di indonesia”. Oiya mesti nanya – nanya dulu ya buat yang muslim kalo mau beli makanan disini, banyak Pork. Jd penjualnya itu gak bilang kalo kita gak nanya, apalagi gue chinese face gini :p Malem itu pokoknya kita puas-puasin keliling spore gatau dah gue kemana aja itu dibawa ama si paul. Oiya, jadi kalo di spore ini tertib banget gaes, jadi kita gak bisa sembarangan parkir begitu saja. Jd udah kayak ada disediain lahan parkir gitu, dan menurut gue terkadang agak jauh dari tempat yang mau kita tuju. Mayan olahraga jalan kaki ya :’)

 

Day 4

Morninggggggggggggg! Demi apa jam 6 pagi masih kek jam 4 subuh bikin mager bangun.

Singkat cerita udah kelar mandi gue siap-siap buat maen keluar sekalian check out. Karna jam 10.00 gue mesti balik ke harbourfront lagi buat check in dan cap paspor persiapan balik.

Jam 07.00 check out, sebenernya gatau ini mau kemana karna whitout plan kalik ya :’) yauda jadi ambil amannya gue naik MRT dari Rochor, turun di MRT Little India pindah ke jalur ungu duduk manis sampe pemberhentian terakhir di MRT Harbourfront, karna masi awal, jadi gue mutusin buat ke sentosa dulu, ya sabi lah foto di depan universalnya dulu yakan walopun gak masuk kedalam. Jadi ke universal ini kalo dari harbourfront, pas kita keluar Vivo City Mall nya tinggal jalan kaki aja, hm walopun agak jauh sih ya :p untung bawa ransel, ga bawa koper. Ini pasti ribet banget kalo bawa koper :’) percayalah….

Udah puas foto-foto di universal yang masih sepi, dan jam juga udah mepet banget akhirnya gue lari-lari gak jelas demi check in yang tidak terlambat ckck untung aja udah konfirmasi buat tiket kepulangan, kalo enggak, pasti gue mesti beli tiket baru :’)

Padahal gue janjian mau ketemuan sama temen gue si Zack di Mcd di Harbourfront, tapi karna paket gue habis gue gak bisa ngehubungin doi, kasian temen gue nunggu :’) pas gue cari di 2 Mcd doi gak ada :’) yasudahlah….

Jadi pas mau check in cap paspor disini gak seribet pas dari indonesia masuk ke singapore, ada mesin otomatis yang kita tinggal tempelin barcode paspor aja. Udah gitu doang :’)

Taraaaaaa, setelah 1 jam perjalanan, finally, welcomeback indonesiaaaaaa! Sumpah lah deket banget, enak bener orang batam ye, enak kalo mo liburan ke luar negeri. Sampe pelabuhan, gue di jemput sama junior, the power of junior wkwk enak memang jadi senior ini mah.

Pesawat gue jam 15.15 jadi gue masih nyempetin makan dan jajan di Nagoya Hill Mall.

Emang enak punya temen banyak ini ya, jd tiket gue udah di checkin –in sama temen gue duluan, jadi selow J

Anddddddddddddd tiba waktunyaaaaaaaaaaaaaaaaaaa, pulaaaaaaaaaaaaanggg!!!!!

Yayayayayayaya males banget sebenarnyeeeee, tapi apadaya besok kerja gaessss :’)

Yasudahlah yaaaa cerita gue segini aja, jadi pesen gue intinya “ GAK PERLU BANYAK UANG, YANG PENTING BANYAK TEMEN” SEKIAN.

Oiya, yang nanya kenapa gue bisa punya temen di Singapore itu semua karna kecanggihan teknologi masa kini wqwq bagi yang hobi backpacker, holiday with low budget nih gue kasi tips silakan donlot COUCHSURFING ya temen-temen, biar banyak temen kelen, jadi sabi neken out cost, mau kenegara manapun kalian, lengkap ini disini, rekomendasi lah!!

 

 

PENGELUARAN GUE:

 

Tiket Pesawat PP Rp. 800.000,-

Damri Singkawang – Pontianak Rp. 90.000,-

HTM Lagoi Bay Rp. 100.000,-

Hotel di Tj. Pinang Rp. 150.000 (karna PTPT berdua temen gue)

Kapal Tj. Pinang – Batam Rp. 52.000

Kapal Batam Center – Harbourfront PP Rp. 350.000

Im3 Card Rp. 30.000,-

MRT Car $12

Grab $7 SGD

Penginapan Rp. 150.000,-

Jajan Oleh-Oleh Rp. 350.000,-

 

Leave a comment